5 Cara Beradaptasi saat Sekolah di Luar Negeri

Siapa yang tak bangga bisa sekolah di luar negeri? Sepertinya tak ada, kan? Hal ini bahkan sangat membanggakan. Tak hanya diri Anda, tapi semua orang yang berhubungan dengan Anda. Tapi pastikan diri Anda terlindungi dengan asuransi perjalanan harian saat berada di luar negeri, ya!

Gunanya untuk meng-cover berbagai hal buruk yang bisa saja menimpa Anda selama liburan. Nah, ngomong-ngomong soal sekolah ke luar negeri, itu artinya Anda harus menghadapi situasi yang baru, kan? Anda harus bisa beradaptasi dengan baik sehingga bisa berbaur dengan orang-orang di sana. Bagaimana caranya? Simak caranya di bawah ini!

1. Pelajari Bahasa Lokal

Salah satu hal yang harus Anda lakukan untuk bisa beradaptasi dengan negara luar adalah mempelajari bahasa lokal yang digunakan masyarakat sekitar. Hal ini sangat penting agar Anda bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang-orang di sana. Jika tidak, tentu saja Anda akan mengalami kesulitan dalam bergaul dan bersosialisasi.

Untuk negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kesehariannya mungkin tidak sulit. Namun, bagaimana dengan negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris? Akan sangat sulit bagi Anda untuk melakukannya, kan? Maka dari itu, sebelum berangkat Anda harus mempelajari bahasa lokalnya terlebih dahulu.

2. Adaptasi dengan Lingkungan Sosial

Di negara tertentu Anda pasti akan bertemu dengan orang-orang baru. Bukan hanya warga lokal saja, tapi dari negara-negara lain yang berimigrasi atau ikut bersekolah di negara tersebut. Untuk aman, Anda harus mempelajari semua tata tertib, norma, hukum dan budaya di negara tempat Anda menimpa ilmu tersebut.

Jangan sampai Anda melakukan aktivitas sosial yang tak lazim dilakukan. Lihatlah apa yang sering dilakukan orang-orang di sekitar. Pelajarilah. Jalin komunikasi yang baik dengan mereka. Baik itu yang ada di asrama atau tempat tinggal Anda, kampus atau lainnya. Dengan begitu, Anda bisa berbaur dengan lebih mudah.

3. Makanan

Sebelum memutuskan kuliah di luar negeri, pastikan Anda terlindungi dengan asuransi perjalanan harian yang bagus, ya! Tujuannya tentu saja untuk meng-cover berbagai hal buruk yang bisa menimpa Anda. Semisal keracunan makanan. Yup! Makanan adalah salah satu pembeda antara negara satu dengan yang lain.

Ada baiknya sebelum Anda pergi carilah informasi mengenai makanan khas negara tersebut dan cobalah cek ketersediaan makanan pokok yang biasa Anda makan. Bila tidak ada makanan pokok yang biasa Anda makan, maka Anda harus belajar makan makanan khas di sana. Pastikan makanan tersebut aman dan tidak menimbulkan masalah pada Anda.

4. Atur Keuangan

Lalu keuangan. Biasanya, bila di rumah sendiri Anda akan bebas membelanjakan uang Anda untuk apa saja, kan? Di luar negeri tidak. Anda harus pintar dalam mengaturnya agar uang yang Anda miliki cukup. Hal ini berguna untuk mencegah kemungkinan terburuk di finansial Anda yang akan menekan keuangan Anda.

5. Cuaca dan Iklim

Tidak semua negara sama seperti Indonesia. Memiliki cuaca dan iklim yang tropis dan hangat. Carilah informasi mengenai cuaca dan iklim di negara tersebut. Tujuannya agar Anda bisa menyiapkan kesiapan fisik Anda. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan stamina dengan berolahraga saat di luar negeri, ya!

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk beradaptasi saat sekolah di luar negeri. Memang terlihat mudah. Tapi tak semudah yang dibayangkan. Pastikan diri Anda terlindungi dengan asuransi perjalanan harian yang baik saat Anda sekolah di luar negeri, ya! Agar semua kemungkinan terburuk bisa ditanggulangi.
Kastolani
Kastolani

Perkenalkan saya Kastolani, seorang mahasiswa yang merangkap sekaligus sebagai blogger, salam kenal bagi kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar