Transaksi Biaya Tol Lebih Praktis dengan E-toll

Perkembangan zaman semakin maju, demikian pula dengan perkembangan teknologi. Semua yang dilakukan pun akan semakin mudah, salah satunya untuk transaksi ekonomi. Untuk Anda yang sering berkendara, tentu sering melewati ruas jalan toll. Saat ini pembayaran di ruas jalan toll, bukan menggunakan uang tunai, melainkan memakai kartu e-toll

Kartu Serba Guna

E-toll adalah kartu pengganti uang tunai sebagai alat pembayaran biaya masuk toll. Tetapi, selain digunakan untuk membayar toll, kartu ini juga serbaguna. Karena Anda bisa menggunakannya untuk transaksi lainnya di tempat – tempat tertentu. Penggunannya pun juga cukup mudah. Anda tinggal mencari gerbang toll otomatis (GTO), lalu tempelkan kartu e-toll pada mesin yang ada, maka otomatis gerbang akan terbuka dan saldo pada kartu akan berkurang sesuai dengan besar biaya.

Lebih mudah menggunakan e-toll

Ada banyak keuntungan dalam menggunakan kartu e-toll. Karena memakai sebuah kartu dalam proses transaksi, Anda sebagai pengendara tidak perlu repot menyiapkan uang. Menyiapkan uang ini tentu membutuhkan waktu, berbeda jika Anda menggunakan e-toll. Anda hanya perlu menempelkannya saja. Ini akan membuat transaksi di ruas jalan toll akan semakin cepat dan menghemat waktu yang dimiliki.

Selain itu, penggunaan kartu e-toll juga bisa menghindarkan petugas jalan toll menerima uang palsu dari pengendara, ataupun sebaliknya. Pengedaran uang palsu bisa dimana saja dan kapan saja, maka penggunaan kartu e-toll ini bisa menjadi solusi yang pas.

Karena tidak menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran, dalam bertransaksi Anda tidak akan menemukan kesalahan uang kembalian dari petugas. Biasanya, sebagai pengendara Anda memberikan uang lebih untuk membayar dan menerima kembaliannya tanpa dihitung kembali. Mungkin saja uang yang diberikan petugas ternyata kurang. Nah, dengan menggunakan kartu e-toll ini maka hal tersebut tidak akan terjadi.

Cara membeli e-toll

Kartu e-toll termasuk dalam kartu e-money atau kartu pengganti uang tunai. Namun, perlu diingat tidak semua e-money bisa digunakan sebagai e-toll. Jadi, Anda perlu untuk mengecek apakah e-money yang dipilih bisa digunakan untuk membayar biaya masuk toll. Kisaran harga kartu e-money biasanya 20 ribu rupiah, tetapi itu belum termasuk saldonya. Berikut adalah beberapa tempat resmi yang menjual kartu e-money :

Bank penerbit e-money

Ada beberapa bank yang menerbitkan e-money dan juga bisa digunakan sebagai e-toll. Misalnya bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, dan BTN. Anda bisa langsung datang ke bank yang diinginkan, lalu tanyakan pada costumer service bank mengenai pembuatan e-money.

Kantor gerbang operator tol

Selain di bank, Anda juga bisa membeli kartu e-toll di kantor gerbang operator toll. Anda bisa langsung datang ke kantor dan tanyakan bagaimana cara membeli kartu e-toll pada petugas.
Banyak kemudahan yang bisa Anda rasakan jika menggunakan kartu e-toll. Jadi tunggu apalagi, segera dapatkan kartu e-toll untuk kenyamanan berkendara di jalan toll. 
Kastolani
Kastolani

Perkenalkan saya Kastolani, seorang mahasiswa yang merangkap sekaligus sebagai blogger, salam kenal bagi kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar