Anak Tidak Mau Khitan? Coba Bujuk Dengan Cara Ini Agar Manfaat Khitan Bisa Didapat

Muslim laki – laki tentu paham bahwa ada keharusan untuk melaksanakan khitan. Selain karena khitan adalah kewajiban bagi muslim laki – laki agar ibadah bernilai sempurna, ternyata khitan juga membawa pengaruh positif bagi kesehatan. Namun masih banyak orang yang tidak mau melaksanakan proses khitan ini. Terlebih anak – anak, mereka sudah telanjur dihantui rasa takut karena mendengar cerita dari teman – temannya. Padahal manfaat khitan sangat banyak.

Bagi Anda para orang tua, perlu diketahui bahwa kemajuan teknologi saat ini membawa kemudahan dalam hal khitan. Ya, dengan kecanggihan teknologi yang ada, anak tidak akan merasakan sakit atau trauma fisik yang serius. Bahkan sebenarnya yang membuat anak takut untuk dikhitan adalah orang – orang di sekitarnya, dimana anak selalu diberi informasi negatif tentang khitan.

Perlu waktu untuk menghilangkan doktrin tentang kengerian khitan yang terlanjur terekam dalam pikiran anak. Anda juga harus mulai membujuk pelan – pelan agar anak mau dikhitan. Tapi sebaiknya Anda tidak terlalu menekan anak untuk segera dikhitan, pastikan dulu anak sudah siap dan berani ya.

Lalu bagaimana cara membujuk anak agar mau dikhitan? Jelaskan Pada Anak Bahwa Khitan itu Hukumnya Wajib Bagi Umat Muslim

Khitan atau sunat adalah wajib hukumnya bagi muslim laki – laki agar ibadahnya lebih sempurna. Lepas dari muslim atau bukan, sebenarnya khitan juga perlu dilakukan. Hal ini berkaitan dengan manfaat khitan yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh dari infeksi jamur, virus dan bakteri patogen.

Tawarkan Hadiah Pada Anak
Apabila anak belum mampu menerima penjelasan Anda tentang kewajiban khitan maupun manfaat khitan, maka ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengiming – imingi hadiah. Anak – anak sangat suka diberi hadiah, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membujuk agar anak berani dikhitan. Tawarkan juga tasyakuran atau upacara adat yang meriah supaya anak lebih semangat. Dengan begitu anak akan lebih mudah melupakan bayang – bayang rasa takut terhadap khitan.

Katakan Pada Anak Bahwa Khitan itu Tidak Sakit
Dalam beberapa kasus mungkin anak akan langsung mempercayai bahwa khitan itu tidak menimbulkan rasa sakit. Akan tetapi ada pula anak yang mengerti bahwa mereka tengah dibohongi. Apabila anak sedang merasa dibohongi, sebaiknya katakan apa adanya kepada anak. Sampaikan pada anak bahwa khitan itu memang sakit, tapi sakitnya hanya sebentar, sama halnya seperti digigit semut. 

Menjelang Hari H, Batasi Anak Bertemu Dengan Temannya
Hal ini bukanlah tanpa tujuan. Anda tentu paham bahwa anak seringkali mudah mempercayai apa yang dikatakan oleh teman – temannya. Belum lagi anak sangat mudah terpengaruh. Tujuan membatasi anak untuk bertemu dengan teman – temannya ini adalah agar keyakinan dan kesiapan anak untuk dikhitan tidak goyah karena opini – opini dari temannya. 

Ini hanya untuk sementara waktu saja. Usai proses khitan selesai dilaksanakan, anak – anak bebas bertemu siapa saja, termasuk teman – temannya. Agar anak tidak bosan karena tidak bisa bermain atau bertemu dengan temannya menjelang hari H, siapkan mainan favorit anak atau beri tontonan kartun favorit anak. Anda juga harus siap sedia menjadi teman bermain anak ya. 

Demikian tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membujuk anak agar mau dikhitan. Mengingat manfaat khitan yang tidak bisa dianggap remeh, pastika Anda berhasil membujuk anak untuk dikhitan. Sekalipun proses membujuk tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.
Kastolani
Kastolani

Perkenalkan saya Kastolani, seorang mahasiswa yang merangkap sekaligus sebagai blogger, salam kenal bagi kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar